CERAMAH'Maulid Nabi Muhammad Saw'



Ceramah tentang maulid nabi muhammad SAW

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu...
Alhamdullillahirabbil alamin, washolatu wasalamu ala asyrafil anbiya’ wal mursalin, wa’ala alihi washobihi ajma’in ba’du
Pertama –tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat allah SWT yang telah melimpahkan rahmat,taufik,hidayah dan inayah-nya kepada kita semua, sehingga kita masih diberi kesempatan untuk bersilaturrahmi dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat dan salam mari kita panjatkan kepada nabi besar muhammad SAW, semoga beliau senantiasa di tempatkan oleh Allah di sisi-nya sebagai umat yang memperoleh derajat yang paling tinggi di akhirat,AMIN..

Hadirin dan Hadirat yang dirahmati allah SWT.
Kita semua tentu menyadari bahwa umur kita selama ini dari ke hari bukanlah malah bertambah, tetapi sebaliknya berkurang, kuran dan terus berkurang hingga datangnya ajal. Ini berarti kesempatan kita untuk memperbanyak amal shaleh  semakin habis, sedang perbuatan dosa selalu bertambah terus tanpa ada penyesalan.

Hadirin dan hadirat yang dirahmati allah SWT.
Semestinya kita harus pandai pandai memanfaatkan kesempatan, sebelum kesempatan itu habis direnggut maut. Isilah kesempatan itu untuk beramal shaleh, jangan ada di antara kesempatan yang terbuang  percuma, atau berlalu dengan sia-sia. Jangan suka menunda sesuatu yang berarti membuang waktu

Hadirin dan hadirat yang dirahmati allah SWT.
Mati adala suatu ketentuan yang pasti dialami oleh setiap orang. Siapa saja tak  akan mampu menghindari  mati, sekali pun ia teklah berusaha menghindarinya. Namun anehnya banyak umat manusia yang melalaikan mati, seola-olah mati itu tidak akan terjadi. Mereka tenggelam dalam kemewahan dunia semata. Tanpa memeperdulikan kehidupan di akhirat yang abadi, sehinnga mereke berb uat seenaknya sendiri deng menuruti kehendak hawa nafsunya. Mereka sudah tidak lagi  mengisi kesempatan-nya dengan amal shaleh, tetapi justru sebaliknya kesempatan-kesempatan itu diwarnai oleh berbagai kemaksiatan . Na’udzu  billahi min dzalik. Semestinya mereka harus menyadari, bahwa kematian itu pasti akan datang, dan kedatangannya tak seorangpun yang mengerti. Bisa saja kematian itu menimpa seseorang yang masih muda belia, bahkan sering terjadi seseorang diwaktu sore masih kelihatan sehat tetapi di pagi harinya ia mati mendadak . Jelasnya mati pasti datang, dan datangnya tak terduga-duga sebelum-nya. Oleh karena itu marilah kita isi kesempatan kita dengan amal shaleh untuk mencari keridaan allah  SWT.
Rasullulah saw, telah bersabda yang artinya :
“kerjakanlah lima perkara sebelum tertimpa lima keadaan.  (1). Pada masa hidupmu sebelum datang masa kematianmu. (2). Pada masa sehat mu sebelum datang masa  sakitmu. (3). Pada masa luang mu sebelum datangmasa sibukmu.(4). Pada masa muda mu sebelum datang masa tuamu.(5). Pada masa kayamuj sebelum datang masa miskinmu.

Hadirin dan hadirat yang sama berbahagia .
Dalam hadist ini rasullulah secar tegas menganjurkan kepada kita agar benar benar memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin dengan memperbanyak  amal shaleh. Sebab jika kesempatan  itu kita abaikantentu akan hilang percuma.

*      Pertama
Mumpung masih hidup, gunakanlah untk giat beribadah, jangan engkau tunda tunda sehingga datang masa kematianmu. Sebab kematian itu menyebabkan putusnya amal.
*      Kedua
Sewaktu badan sehat, gunakan untuk memperbanyak amal shaleh, jangan engkau tunda-tunda menunggu datangnya sakit, yang menyebabkan orang menjadi susah beribadah.
*      Ketiga
Masa luangmu, yaitu masa hidupmu di dunia adalah suatu kesempatan untuk mengumpulkan bekal yang dapat engkau petik buahnya kelak di hari kemudian. Kesempatan itu jangan ditunda tunda sehingga datang hari kiamat yang pada hari itu setiap orang sibuk memikirkan diri sendiri  untuk menghadapi hisab (peelitian amal).
*      Keempat
Sewaktu masih muda yang berarti masih dapat melangkah jauh untuk berbuat sesuatu.

Hadirin dan hadirat yang sama berbahagia.
Semoga kita selalu dapat memanfaatkan kesempatan untuk memperbnyak amal shaleh, bertaubat kepada allah dan berzikir kepadanya.
Rasullulah SAW. Telah mengingatkan kepada kita dalam suatu pidatonya.
“wahai manusia bertaubatlah kalian kepada allah sebelum kalian mati, pergunakanlah kesempatan hidup ini untuk beramal shaleh sebelum kalian sibuk, eratkanlah hubunganmu dengan tuhan mu dengan memperbanyak Dzikir kepadanya dan perbanyaklah sedekah dan rahasia atau dengan terangterangan, maka allah akan memberi rezeki dan menolong serta memberi kemenangan kepada kamu sekalian.


Hadirin hadirat rahimakumullah, dermikian yang dapat sya sampaikan, se,oga bermanfaat akhirnya kita bisa merubah sikap yang kurang baik. Apabila ada kata kata yang kurang berkenan, saya mohpn maaf.

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu..

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Hidrosfer, Litosfer, dan Atmosfer

Contoh Susunan Pengurus Komunitas

Naskah Drama Tentang Kejujuran