Pancasila sebagai PARADIGMA Pembangunan


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, dengan rahmat dan hidayah-nya sehingga penulis di beri kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini yang berjudul “PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN”.
Selanjutnya ucapan terima kasih, penulis ucapkan kepada bapak/ibu pembimbing yang telah memberikan bimbingan kepada kami dan teman-teman yang telah memberi dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amiin....

DAFTAR ISI
                                                                                                                        Halaman
Kata Pengantar………………………………………………………….………………i
Daftar isi…………………………………………………………………………………ii
BAB 1. PENDAHULUAN
A.    Latar belakang masalah……………………………………………………….1
B.     Rumusan masalah
C.     Tujuan penulisan

BAB 11. PEMBAHASAN
A. pengertian paradigma dan pembangunan………………………….........………2
B. makna pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam berbagai bidang…...3
C. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Politik……………………….….6
D. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Ekonomi…………………….….7
E. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Sosial Budaya……………….….8
F. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Pertahanan Keamanan……….…9

BAB III. PENUTUP
A.KESIMPULAN………………………………………………………………..
B.SARAN..................................................................
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sebagai bangsa Negara merdeka, Negara Republik Indonesia mempunyai nilai filosofis, ideologis dan konstitusional sebagai asas normatif fundamental serta sumber motivasi dan cita – cita nasional. Nilai fundamental ini adalah pandangan hidup bangsa dan filsafat negara yang tertuang dalam pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang kemudian nilai tersebut yang kita kenal dengan Pancasila. Pancasila pada hakekatnya menjamin kesatuan bangsa, kemerdekaan dan kedaulatan nasional. Pancasila juga mengakui dan menjamin kebhinekaan kita sebagai rakyat Indonesia dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara sekaligus melaksanakan pembangunan nasional sebagai upaya berkelanjutan mencapai tujuan nasional negara Republik Indonesia.
Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara. Tujuan nasional sebagaimana ditegaskan dalam Pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di wujudkan melalui pelaksanaan penyelenggaran negara yang berkedaulatan rakyat dan demokratis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang – undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Penyelenggaran negara dilaksanakan melalui pembangunan nasional dalam segala aspek kehidupan bangsa oleh penyelenggara negara bersama segenap rakyat Indonesia di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B.     Rumusan Masalah
1. Apa pengertian paradigma pembangunan ?
2. Mengapa Pancasila sebagai paradigma pembangunan?

C.     Tujuan Penulisan
·  Untuk mengetahui Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan.
·  Untuk mengetahui penjabaran tiap-tiap sila dari Pancasila?
·  Untuk mengetahui Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Dalam Masyarakat Berbangsa dan Bernegara



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan
Pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global. Dalam pelaksanaanya, pembangunan nasional mengacu pada kepribadian bangsa dan nilai – nilai luhur yang universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat, mandiri, berkeadilan, sejahtera, maju serta kokoh kekuatan moral dan etikanya. Oleh sebab itu, untuk mencapai semua itu bangsa dan negara Indonesia harus menjadikan pancasila sebagai paradigma pembangunan.

B.     Makna Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Dalam Berbagai Bidang
Secara etimologis berasal dari kata reformation. Secara harfiah reformasi memiliki makna suatu gerakan untuk memformat ulang, menata ulang atau menata kembali hal – hal yang menyimpang untuk dikembalikan pada format atau bentuk semula sesuai dengan nilai – nilai idel yang diciptakan rakyat.
Gerakan reformasi biasanya dilandasi oleh nilai – nilai dasar yang terkandung dalam ideologi nasional. Berkaitan dengan hal tersebut, gerakan reformasi yang dijalankan di Indonesia tidak boleh menyimpang dari nilai – nilai fundamental negara yang terkandung dalam Pancasila. Dengan kata lain, gerakan reformasi di Indonesia harus tetap diletakkan dalam kerangka perspektif Pancasila sebagai landasan dan cita – cita ideologi, yaitu:
a. Reformasi yang Berketuhanan Yang Maha Esa.
b. Reformasi yang berkemanusiaan yang adil dan beradap.
c. Semangat reformasi harus berdasarkan pada nilai persatuan.
d. Semangat dan jiwa reformasi harus berakar pada asas kerakyatan.
e. Visi dasar gerakan reformasi harus jelas.
Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, mengkomplementasikan ilmu pengetahuan, mencipta keseimbangan antara rasional dan irasional, antara akal, rasa, dan kehendak. Sila ini tidak hanya memikirkan apa yang dicipta namun apa juga akibatnya pada umat manusia.
Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, memberikan dasar-dasar moralitas pada manusia agar penciptaan iptek tidak hanya beradab namun juga bermoral.
Sila Persatuan Indonesia, memberikan arahan bahwa pembangunan iptek hendaknya dapat mengembangkan nasionalisme, kebesaran bangsa dan keluhuran bangsa sebagai bagian dari umat manusia di dunia.
Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksaan dalam permusyawaratan/perwakilan, mendasari pembangunan Iptek secara demokratis. Artinya, setiap ilmuwan harus memiliki kebebasan untuk mengembangkan Iptek juga harus menghormati dan menghargai kebebasan orang lain dan memiliki sikap terbuka, artinya terbuka untuk dikritik, dikaji ulang maupun dibandingkan dengan teori lainnya.
 Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, mengkomplementasikan pembangunan Iptek haruslah menjaga keseimbangan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan yaitu keseimbangan keadilan dalam hubungannya dengan dirinya sendiri, manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia lainnya, manusia dengan masyarakat bangsa dan negara serta manusia dengan alam lingkungannya.

Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Politik
Manusia sebagai subjek politik bukan objek politik. Oleh karena itu, pembangunan politik harus dapat meningkatkan harkat dan martabat manusia sesuai nilai moral Pancasila. Pembangunan politik dikembangkan berdasarkan moral ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.


a.      Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Di Bidang Ekonomi
Pembangunan ekonomi dilakukan dengan berpedoman pada nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu, pembangunan ekonomi yang berdasar Pancasila adalah pembangunan ekonomi kerakyatan berasaskan kekeluargaan. Pembanguna ekonomi yang berdasar Pancasila harus menghindarkan diri dari bentuk persaingan bebas, monopoli, dan etatisme.

b.      Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Di Bidang Sosial Budaya
Pembangunan sosial budaya harus dapat meningkatkan harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan sehingga akan menghasilkan manusia yang berbudaya dan beradab. Pembanguna sosial budaya juga harus dikembangkan sesuai nilai sosial dan budaya di Nusantara. Pembangunan sosial budaya bertujuan untuk mencapai persatuan dan kesatuan.


c.       Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Di Bidang Pertahanan Keamanan
Pembangunan pertahanan keamanan dilakukan dengan mengikutsertakan seluruh komponen bangsa (TNI, Polri, dan rakyat) untuk melakukan kewajiban bela negara. Pancasila sebagai paradigma pembangunan pertahanan keamanan tercantum dalam UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Jadi dapat disimpulkan bahwa pembangunan yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Hakekat kedudukan Pancasila sebagai paradigma pembangunan mengandung pengertian bahwa dalam segala aspek pembangunan nasional, harus berlandaskan pada nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

B.     Saran
Dalam hidup berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, Pancasila harus mewarnai setiap gerak langkah, sikap dan perilaku kita. Sebagai landasan hidup pancasila harus dipahami  dan diimplementasikan secara mendalam, menyeluruh, dan kontekstual, tidak hanya sebagai hal yang harus kita ketahui semasa kita bersama


MAKALAH PRAKTIKUM BIOLOGI
                                                 MAKALAH IDEOLOGI ILMU EKONOMI                      
MAKALAH SENI RUPA 
                                 MAKALAH SOSIOLOGI KELOMPOK SOSIAL  
  
 MAKALAH SEJARAH PERJANJIAN LINGGARJATI

                                 MAKALAH IDEOLOGI

 MAKALAH PENELITIAN SOSIAL

                                       MAKALAH PERANG DUNIA I dan II

MAKALAH EKONOMI PENGERTIAN PASAR

                                        KESEIMBANGAN LINGKUNGAN

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Hidrosfer, Litosfer, dan Atmosfer

Contoh Susunan Pengurus Komunitas

Naskah Drama Tentang Kejujuran