makalah sosiologi metode panelitian yang baik




Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada saya sehingga dapat menyelesaikan Tugas Penelitian Sosiologi tentang “Ketergantungan pada siswa yang lebih pintar disaat ujian yang terjadi pada kelas
XII IPS 6”.
Dalam penelitian ini saya merasa masih banyak kekurangan baik pada penulisan, maupun materi. Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang telah membantu saya dan khususnya kepada Ibu dan pada Bapak guru yang telah memberikan waktu untuk menyelesaikan tugas ini, dan tanpa bantuan teman-teman saya pun tidak bisa menyelesaikan tugas ini.
Wassalamu’alaikum Wr.W

                                                                   Penulis,


Daftar Isi

KATAPENGANTAR……………………………………  ……….........1
DAFTAR ISI……………………………………………………….........2
BAB1         PENDAHULUAN
tarBelakang……………………………...…………………………........3
B. Rumusan Masalah……………………………………………...…….3
C. Manfaat……………………………………………………………….4
D. Tujuan………………………………………………………………...4
BAB 2                 
KAJIANPUSTAKA………………………………………………5
Pengertian Ketergantungan……………………………………………...5
                  
BAB 3                 
METODEPENELITIAN……………………………………….....6
A. Pendekatan Penelitian……………………………………........6
B. Sumber Data………………………………………………..….6
C. Teknik Pengumpulan Data………………………..…………...6
BAB 4                 
KESIMPULAN, KRITIK, DAN SARAN………………………...7
         A. Kesimpulan……………………………………………..….......7
         B. Kritik……………………………………………………...….....7
         C. Saran……………………………………………………...….....7
DAFTAR Pustak………………………………………………………………......



BAB I
Pendahuluan


A. Latar Belakang
Kemampuan siswa memang berbeda-beda. Aslinya semua siswa itu pintar, tetapi tidak semua bisa mengembangkannya. Siswa itu ada yang rajin dan ada yang  malas. Biasanya siswa yang mala itu kurang kepercayaan diri pada saat pemebelajaran maupun pada saat ujian. Bahkan mereka lebih memilih bergantung pada siswa lain yang lebih pintar.
Maka dalam penelitian ini saya akan membahas tentang “Ketergantungan pada siswa yang lebih pintar disaat ujian yang terjadi pada kelas XII IPS 6”. Seharusnya ini tidak dilakukan oleh para siswa karena ini menyangkut masa depan mereka. Tetapi sebagian siswa menganggap bahwa ini adalah salah satu tradisi pada saat ujian.
Sebenarnya siswa yang pintar pun enggan memberikan jawaban. Bukan karena mereka pelit tetapi karena mereka tidak mau temannya itu selalu bergantung padanya. Akan tetapi jika dia tidak memberikan jawaban maka dia akan disebut tidak solidaritas oleh teman-temannya.

B. Rumusan Masalah
Kata ”Ketergantungan” memang sudah tak asing lagi kita dengar. Berbagai macam hal bisa ada dalam ini mulai dari hal yang paling kecil sampai yang paling besar. Tapi yang satu ini adalah ketergantungan kepada siswa yang lebih pintar pada saat ujian. Ini cukup bahaya jika terus-terusan dilakukan karena masalah ini menyangkut tentang masa depan siswa. Dan karena itulah saya ingin meneliti hal ini pada kelas XII IPS 6, yang kebetulan masalah ini pun terjadi pada siswa-siswi kelas XII IPS 6.
Oleh karena itu, secara umum penelitian ini didasarkan kepada Rumusan Masalah sebagai berikut:
1.   Apakah anda tahu alas an utama mengapa dikelas XII IPS 6 terjadi ketergantungan pada siswa yang lebih pintar disaat ujian? Jelaskan!
2.   Mengapa itu bisa terjadi?
3.   Bagaimana tanggapan anda tentang masalah tersebut?
4.   Bagaimana cara agar tidak ada lagi ketergantungan tersebut?

C. Manfaat penelitian

Dengan dilakukan hasil penelitian ini peneliti berharap:
1.    Peneliti dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai sikap ketergantungan pada siswa yang lebih pintar di saat ujian yang terjadi pada kelas XII IPS 6.
2.    Peneliti dapat memberikan masukan / motivasi kepada siswa yang mungkin bersangkutan.
3.    Gambaran bagaimana ini bisa terjadi untuk siswa / generasi berikutnya.
4.    Bisa menambahkan ilmu tentang tema yang peneliti baca kepada pembaca walaupun sedikit.


D. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk:
1.    Mengetahui sikap atau tanggapan para siswa mengenai ketergantungan pada siswa yang lebih pintar di saat ujian yang terjadi pada kelas XII IPS 6.
2.   Mendapatkan data dan informasi yang pasti mengenai masalah tersebut dengan pasti karena bersumber langsung dari siswa yang mungkin bersangkutan.
3.    Membantu menyelesaikan masalah, setidaknya mencari jalan keluar atau titik tengah agar masalah ini tidak terus berkelanjutan.



BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A. Pengertian Ketergantungan
Ketergantungan mempunyai banyak arti dan presepsi. Ada yang menyebut Ketergantungan adalah suatu hubungan sosial seseorang yang tergantung pada orang lain. Ataupun ada yang mengartikan yaitu seseorang yang belum bisa mengemban tanggung jawabnya sendiri. Jika seseorang yang hidupnya selalu bergantung kepada orang lain maka hidup orang tersebut tidak akan mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Tetapi sebagian orang menganggap jika ini adalah suatu hal yang wajar yang tak sing lagi ada di dalam kehidupan ini.
 Memang kita ini adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Ketergantungan pun dibutuhkan dalam kehidupan kita. Tetapi jangan salah mengartikannya. Kita boleh bergantung terhadap orang lain jika memang tanggung jawab kita memang belum pantas kita emban sendiri. Tetapi jika seseorang terlanjur hidupnya bergantung kepada orang lain apa salahnya berubah kearah yang lebih baik.


B. Pendekatan penelitian
                   Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan metode deskriptif dan metode angket.
Metode  wawancara terencanaadalah suatu medote dalam penelitian yang bertujuan mendeskripsikan suatu gejala atau peristiwa yang terjadi. Sedangkan metode angket kami membuat angket “KETERGANTUNGAN PADA SIWA YANG LEBIH PINTAR DI SAAT UJIAN ” yang disebarkan kepada beberapa siswa kelas XII IPS 6. Sehingga hasil anhgket kami buat menjadi laporan penelitian.

C. Sumber data
Sumber data kami hanya dari siswa-siswi kelas XII IPS 6

D. Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian inimenggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dimana responden di berikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pewawancara tanda ada pengaruh dan paksaan sedikitun dan dari siapapun.

BAB IV
Kesimpulan, kritik, dan saran.

A. Kesimpulan
Jadi selalu berketergantungan pada siswa yang lebih pintar di saat ujian adalah sikap yang mesti kita hindarkan. Jika kita sudah terlanjur seperti itu mulai dari sekarang kita meminimalisir atau bahkan langsung di hilangkan. Ketergantungan membuat hidup kita tidak akan lebih baik lagi. Kita harus tingkatkan rasa percaya diri kita bahwa kita bisa mengemban tanggung jawab kita dengan sendiri.

B. Kritik
Sikap siswa yang selalu berketergantungan pada temannya yang lebih pintar pada saat ujian adalah sikap yang kurang baik dilakukan. Karena jika mereka terus seperti itu tidak lain halnya masa depan mereka jadi taruhannya. Maka buanglah sikap seperti itu, percayalah kepada kemampuan diri sendiri.

C. Saran
1.    Percayalah pada kemampuan diri sendiri, jadikan ketergantungan pada diri sendiri bukannya pada orang lain.
2.    Tanamkan motivasi yang kuat pada diri sendiri untuk menjadi yang lebih baik.
3.    Tentunya butuh modal yang kuat yaitu belajar dengan sungguh-sungguh serta di iringi oleh doa.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Hidrosfer, Litosfer, dan Atmosfer

makalah sejarah Zaman paleolitikum

MAKALAH HUBUNGAN INTERNASIONAL