Penelitian Sosial

BAB I
PENDAHULUAN

Manusia adalah makhluk individu yang tidak dapat melepaskan diri dari hubungan dengan manusia lain. Sebagai akibat dari hubungan yang terjadi di antara individu-individu (manusia) kemudian lahirlah kelompok-kelompok sosial (social group) yang dilandasi oleh kesamaan-kesamaan kepentingan bersama. Namun bukan berarti semua himpunan manusia dapat dikatakan kelompok sosial. Untuk dikatakan kelompok sosial terdapat persyaratan-persyaratan tertentu. Dalam kelompok social yang telah tersusun susunan masyarakatnya akan terjadinya sebuah perubahan dalam susunan tersebut merupakan sebuah keniscayaan. Karena perubahan merupakan hal yang mutlak terjadi dimanapun tempatnya.
Cara yang paling sederhana untuk mengerti perubahan sosial (masyarakat) dan kebudayaan itu, adalah dengan membuat rekapitulasi dari semua perubahan yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri, bahkan jika ingin mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi mengenai perubahan mayarakat dan kebudayaan itu, maka suatu hal yang paling baik dilakukan adalah mencoba mengungkap semua kejadian yang sedang berlangsung di tengah-tengah masyarakat itu sendiri.
Penelitian sosial juga dapat digunakan sebagai penyelidikan-penyeldikan yang dirancang untuk menambah ilmu pengetahuan sosial, gejala sosial, atau praktik-praktik sosial. Istilah sosial ini menunujuk pada hubungan-hubungan antara, dan di antara, orang-orang, kelompok-kelompok seperti keluarga, institusi (sekolah, komunitas, organisasi, dan sebagainya), dan lingkungan yang lebih besar.
Untuk itu dalam makalah ini saya akan menjelaskan lebih detail lagi mengenai metode penelitian sosial.

I.1. Latar Belakang
            Untuk memperkuat analisis mengenai penelitian yang berkaitan dengan sosial agar mampu untuk memecahkan persoalan masyarakat baik yang berkaitan dengan sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang secara umum tidak dapat terhindarkan dari kehidupan masyarakat. Metode Penilitian Sosial merupakan salah satu solusi yang harus dikembangkan oleh semua kalangan agar mampu menutupi semua persalahan tersebut, guna terciptanya masyarakat yang berkompeten dalam segala hal agar dapat secara mudah memecahkan persoalan dalam masyarakat. Penelitian sosial dapat digunakan sebagai penyelidikan-penyelidikan yang dirancang untuk menambah ilmu pengetahuan sosial, gejala sosial, atau praktik-praktik sosial. Istilah social ini menunjuk pada hubungan-hubungan antara dan diantara, orang-orang, kelompok-kelompok seperti keluarga, institusi (sekolah, komunitas, organisasi dan lain sebagainya), dan lingkungan yang lebih besar.

I.2. Maksud dan Tujuan
            Maksud dan tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memecahkan masalah social (eksploratif), definisi eksploratif itu sendiri adalah penjelajahan lapangan dengan tujuan memperoleh pengetahuan lebih banyak, terutama sumber-sumber alam yang ada di tempat itu. Dari banyaknya permasalahan yang timbul maka dengan hadirnya makalah ini maka akan sedikit membantu masyarakat dalam menanggapi bagaimana proses dalam penelitian sosial itu, dan sebagai bahan pengayaan perkuliahan serta memenuhi tugas bimbingan dari dosen yang sekiranya dapat menjadi pegangan penting dalam memuhi semua kewajiban yang harus dilakukan.

RUMUSAN MASALAH

1       Apa itu penelitian sosial?
2       Apa sajakah yang menjadi karakteristik metode penelitian social?


BAB II
PEMBAHASAN

A.  PENELITIAN SOSIAL
Penelitian sosial
Penelitian sosial adalah istilah yang digunakan terhadap penyelidikan-penyeldikan yang dirancang untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan sosial, Istilah sosial ini menunujuk pada hubungan-hubungan antara, dan di antara, orang-orang, kelompok-kelompok seperti keluarga, institusi (sekolah, komunitas, organisasi, dan sebagainya), dan lingkungan yang lebih besar.
a.    Definisi
Gejala sosial atau hubungan antara dua atau lebih gejala sosial dijadikan sebagai topik penelitian sosial. Topik yang sosial bisa menyangkut individu, kelompok,  masyarakat, institusi , dan juga lingkungan yang lebih luas seperti negara (misal, pertumbuhan ekonomi nasional). Penelitian sosial merupakan suatu tipe penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan sosial (social scientist) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang berbagai aspek sosial sehingga kita dapat memahaminya.
Para peneliti sedang meneliti gejala sosial yang ada di dalam masyarakat. Kata "research" dalam bahasa Inggris berasal dari kata “Reserare” (bahasa Latin) yang berarti mengungkapkan. Secara etimologis, kata “research” (penelitian, riset) berasal dari kata “re” dan “to search”. 'Re' berarti kembali dan to search berarti mencari. Jadi, secara etimologis, penelitian berarti mencari kembali. inilah beberapa definisi penelitian berikut :
Penelitian dapat digambarkan sebagai upaya yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah spesifik yang memerlukan solusi, tujuan menemukan jawaban terhadap isu-isu yang perhatian kepada kita dalam lingkungan kerja.
Jadi, walaupun penelitian merupakan sentral untuk penyelidikan dan pencarian solusi atas masalah-masalah sosial dan kegiatan akademik, belum ada konsensus dalam literatur tentang bagaimana penelitian harus didefinisikan. Hussey menyatakan bahwa penelitian menyediakan suatu peluang untuk mengenali dan memilih satu masalah penelitian dan menyelidikinya secara bebas.


b.    Karakteristik
Menurut Paul Leedy dalam bukunya Practical Research, ada 8 karakteristik Penelitian Sosial Penelitian Sosial berasal dari satu pertanyaan atau masalah. Sumber pertanyaan dapat berasal dari sekitar kita.Penelitian Sosial membutuhkan tujuan yang jelas. Pernyataan tujuan ini menjawab pertanyaan :“Masalah apa yang akan diselesaikan/dipecahkan?” dalam Penelitian Sosial.
Penelitian Sosial membutuhkan rencana spesifik untuk melakukan penelitian rencana kegiatan disusun. Beberapa hal yang perlu diputuskan misalnya: dimana mendapatkan data? Bagaimana? Dan Apakah ? Penelitian Sosial biasanya membagi masalah prinsip menjadi beberapa submasalah: untuk mempermudah menjawab permasalahan,.Contoh: Masalah : Kompresi data dengan algoritma substitution Sub-masalah: - bagaimana melakukan kompresi data pada file teks hingga hasil kompresi 30% dari file asli? - bagaimana melakukan dekompresi pada file teks tanpa mengubah isi?
Penelitian Sosial dilakukan berdasarkan masalah, pertanyaan atau hipotesis Penelitian Sosial yang spesifik: Hipotesis adalah asumsi atau dugaan yang logis yang memberikan jawaban sementara tentang permasalahan Penelitian Sosial berdasarkan penyelidikan awal.
c.    Siklus Penelitian Sosial
Untuk memulai suatu penelitian, permasalahan yang akan dipecahkan perlu ditemukan lebih dahulu. Beberapa hal yang membantu penemuan tersebut adalah membaca artikel jurnal-jurnal ilmiah pada bidang yang diminati.untuk menimbulkan ide-ide lain yang layak untuk diteliti.

B.  KEGUNAAN PENELITIAN SOSIAL
Menurut Siti Partini penelitian sosial memiliki beberapa kegunaan antara lain:
1. Penjajagan ( ekploratif), yaitu berguna untuk mencari-cari kemungkinan terbaik dalam memecahkan problema sosial, sehingga sifatnya masih mencoba dan terbuka.
 2.  Deskriftif, yaitu berguna untuk pengukuran yang cermat terhadap penomena social tertentu.
3.   Eksplanatori, yaitu berguna untuk menjelaskan sebab-sebab yang
    melatarbelakangi suatu keadaan tertentu.

C. KARAKTERISTIK METODE PENELITIAN SOSIAL
Menurut Paul Leedy dalam bukunya Practical Research, ada 8 karakteristik Penelitian Sosial :
1.    PenelitianSosialberasaldarisatu pertanyaan atau masalah,denganmenanyakan pertanyaan kita sedang berupaya untuk stimulasi dimulainya proses penelitian.
2.   Penelitian Sosial membutuhkan tujuan yang jelas. pertanyaan : “ Masalah apa yang akan diselesaikan yang akan dipecahkan dalam Penelitian Sosial.
3.    PenelitianSosial membutuhkan rencana spesifik untuk melakukan penelitian rencana kegiatan disusun.
4.   Penelitian Sosial biasanya membagi masalah prinsip untuk mempermudah menjawab permasalahan, biasanya masalah dibagi menjadi beberapa submasalah.
5.   Penelitian sosial dilakukan berdasarkan masalah.
Pertanyaan atau hipotesis penelitian Sosial yang spesifik. Hipotesis adalah asumsi atau dugaan yang logis yang memberikan jawaban sementa tentang permasalahan 
6   Dalam Penelitian Sosial, asumsi merupakan   hal penting untuk ditetapkan. Asumsi adalah kondisi yang ditetapkan sehingga jangkauan Penelitian Sosial jelas batasnya.
7. Penelitian Sosial membutuhkan data dan intepretasi data untuk menyelesaikan masalah yang mendasari adanya Penelitian Sosial
8.  Penelitian Sosial bersifat siklus.
Untuk memulai suatu penelitian, permasalahan yang akan dipecahkan perlu ditemukan lebih dahulu. Beberapa hal yang membantu penemuan tersebut adalah membaca artikel jurnal-jurnal ilmiah pada bidang yang diminati yang layak untuk di teliti.


PENUTUP

Kesimpulan
            Kesimpulan merangkum hasil penelitian. Dalam kesimpulan tidaklah ditampilkan penjelasan rinci, tetapi ditampilkan temuan-temuan yang penting, dan (bila ada) hubungan antara temuan data dengan hipotesis. Kesimpulan berisi pernyataan apa yang sudah ditemukan tentang objek yang diteliti dalam konteks kerangka teori. Ia tidak boleh menyimpulkan sesuatu yang tidak diteliti dalam konteks dan jangkauan penelitian. Kendala-kendala apa yang dihadapi dan saran-saran untuk menunjukan cara mengatasinya

Saran
            Dengan hadirnya makalah ini sekiranya dapat berguna kedepannya untuk lebih memahami lagi bagaimana karakteristik dalam suatu penelitian. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah semoga Makalah  ini dapat diterima di kalangan mahasiswa karena makalah ini dibuat berdasarkan referensi yang ada.


  




Comments

Popular posts from this blog

Makalah Hidrosfer, Litosfer, dan Atmosfer

Contoh Susunan Pengurus Komunitas

Naskah Drama Tentang Kejujuran